PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Tanah dan Pupuk

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Tanah dan Pupuk

BSIP BERKARYA: USAI MASA MAGANG, MAHASISWA PAPARKAN HASIL CAPAIANNYA DI BPSI TANAH DAN PUPUK




BSIP BERKARYA: USAI MASA MAGANG, MAHASISWA PAPARKAN HASIL CAPAIANNYA DI BPSI TANAH DAN PUPUK
 
Jum’at (30/08/2024). Mengakhiri masa magang di BPSI Tanah dan Pupuk, sebanyak tiga mahasiswa Universitas Brawijaya, satu mahasiswa Universitas Veteran Yogyakarta, dan satu mahasiswa Universitas Telkom bandung memaparkan hasil capaian yang telah diperoleh dalam seminar akhir. Seminar akhir ini dihadiri oleh teman-teman mahasiswa IPB, Universitas Brawijaya, dan Universitas Andalas serta para pembimbing lapangan dari BPSI Tanah dan Pupuk. Seminar ini dibuka oleh Moch. Iskandar selaku staf Tim Kerja LPPK BPSI Tanah dan Pupuk serta moderator dalam seminar akhir ini. 
Kegiatan seminar akhir ini dihadiri oleh pembimbing dari masing-masing mahasiswa magang. Kiki Zakiah, SP., MP selaku pembimbing dari Tiara Sabrina Wiby Chusnul (Univ. Brawijaya) dengan materi seminar “Hubungan Bulk Density, Particle Density dan Porositas Tanah pada Lahan Serai dan Lahan Jagung di BPSI Tanah dan Pupuk Bogor Jawa Barat”. Arif Budiyanto S.Si selaku pembimbing dari  Istighfarin Nisfi Nahariyah Putri (Univ. Brawijaya) dengan materi seminar “Perbedaan Sifat Fisik Tanah pada Lahan Tanaman Semusim dan Tanaman Tahunan”. Jelly Amalia Santri, S.P., M.Sc selaku pembimbing dari Nurul Habzyah W (Univ. Veteran Yogyakarta) dengan materi seminar “Penentuan Kadar Bahan Organik dan Kemampuan Retensi Air Tanah di Lahan Percobaan POLBANGTAN Bogor”. Tia Rostaman, S.Si., M.Si. selaku pembimbing dari Agian Rasyid Ahmad Yusuf Ramadhan (Univ. Brawijaya) dengan materi seminar “Praktik Identifikasi Mineral Pasir Menggunakan Mikroskop Polarisasi untuk Mengetahui Cadangan Mineral di BPSI Tanah dan Pupuk”. Elsanti, SP selaku pembimbing dari Muhammad Rezki Albeno (Univ. Telkom Bandung) dengan materi seminar “Peran Kepegawaian dalam Manajemen Sumber Daya Manusia di Balai Pengujian Standar Instrumen Tanah dan Pupuk”. 
Para mahasiswa ini telah mengikuti magang selama periode Juli sampai dengan September 2024. Seminar Akhir ini merupakan tahap akhir dari kegiatan di BPSI Tanah dan Pupuk. Kegiatan yang mahasiswa dapatkan berupa praktek di Laboratorium, pengujian di lapangan, praktek kerja lapangan, uji efektivitas, dan kuliah umum. Dalam kesempatan ini perwakilan dari mahasiswa magang MBKM mengucapkan terima kasih atas dukungan BPSI Tanah dan Pupuk atas kesempatan yang diberikan, sehingga mahasiswa dapat memperoleh ilmu pengetahuan dan pengalaman kerja di lapangan. Moch. Islandar juga mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa magang atas dedikasinya dalam kegiatan magang ini dan semoga ilmu yang didapatkan dari BPSI Tanah dan Pupuk berguna untuk masa depan mahasiswa. 
Seminar akhir ini diikuti dengan sangat antusias oleh mahasiswa maupun pembimbing. Seminar diakhiri dengan sesi tanya jawab serta masukan-masukan dari pembimbing untuk perbaikan materinya. Nusantara Baru Indonesia Maju. (M.Is, AFS, Mtm).