PORTAL PPID

Balai Pengujian Standar Instrumen Tanah dan Pupuk

PPID Utama

BSIP BERKARYA: PERLUNYA STANDAR TERAK BAJA SEBAGAI PEMBENAH TANAH




 BSIP BERKARYA: PERLUNYA STANDAR TERAK BAJA SEBAGAI PEMBENAH TANAH 

Terak baja merupakan produk samping yang diperoleh dari kegiatan proses pengolahan bijih baja. Terak baja ini memiliki potensi baik secara kuantitas dan kualitas untuk dimanfaatkan di bidang pertanian sebagai pembenah tanah. Terak baja berpotensi sebagai pembenah tanah, penyedia unsur hara (Si, Ca, Mg) bagi tanaman dan memitigasi emisi CH4 dan N2O. Melihat dari potensi yang ada maka PT Krakatau Posco sebagai salah satu penghasil terak baja menginisiasi kerjasama terkait pengembangan dengan BSIP.
Sebagai inisiasi awal, pada Senin, 12 Agustus 2024 telah dilaksanakan audiensi rencana kerjasama antara BSIP dengan PT Krakatau Posco terkait pengembangan terak baja sebagai pembenah tanah ramah lingkungan yang dihadiri oleh Sekertaris Badan Standardisasi Instrumen Pertanian Dr.Ir. Haris Syahbuddin, DEA, Perwakilan PT Krakatau Posco Lee Se Won dan Kemala Indriani serta tim BPSI Tanah dan Pupuk yang diwakili oleh Kepala Balai Dr.Ir. Ladiyani Retno Widowati, M.Sc, Dr. Adha Fatmah Siregar, M.Sc dan Vina Agustin, S.Si. 
Pada kesempatan ini, pihak PT Krakatau Posco memaparkan terkait potensi pemanfaatan terak baja dan rencana penyusunan standar terkait penggunaan terak baja di sektor pertanian. Hal ini disambut baik oleh Sekretaris BSIP, lebih lanjut Haris menyampaikan bahwa standar terkait terak baja ini diperlukan guna menjamin mutu terak baja dan perlu pengujian lanjut dalam pemanfaatan terak baja. Pemanfaatan terak baja ini selain sebagai pembenah tanah juga merupakan bagian dari dukungan terhadap sirkular ekonomi. (VA, AFS, M.Is, Mtm).
 
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Kampus Penelitian Pertanian Cimanggu Bogor, Jl. Tentara Pelajar No. 12, Ciwaringin, Bogor Tengah, RT.01/RW.07, Ciwaringin, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16114

Hubungi:

HP & WA: 085213557625 (Chat)
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset