PORTAL PPID

Balai Pengujian Standar Instrumen Tanah dan Pupuk

PPID Utama

BSIP BERKARYA: PELAJARI TANAH, MAHASISWA MAGANG IKUTI KULIAH UMUM “DASAR-DASAR ILMU TANAH”




BSIP BERKARYA: PELAJARI TANAH, MAHASISWA MAGANG IKUTI KULIAH UMUM “DASAR-DASAR ILMU TANAH”

 

Ilmu Tanah merupakan cabang ilmu pertanian yang mempelajari proses perkembangan dan fungsi dari tanah khususnya di bidang pertanian. Dalam rangka penguatan akademik siswa dan penyamaan persepsi antara ilmu yang telah dibekali di kampus dengan implementasinya di lapangan, maka diadakanlah kuliah umum. 
Untuk membahas secara detail terkait dengan uraian di atas, pada Jum’at 12 Juli 2024 BPSI Tanah dan Pupuk melaksanakan Kuliah Umum untuk mahasiswa program magang dengan topik “Dasar-Dasar Ilmu Tanah” dengan nara sumber Kiki Zakiah, SP., MP. yang merupakan Analis Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) BPSI Tanah dan Pupuk. Kegiatan kuliah umum diikuti oleh 21 mahasiswa yang terdiri dari 4 mahasiswa dari Unibraw, 3 mahasiswa dari IPB, 3 mahasiswa dari ITB, 3 mahasiswa dari UI, 2 mahasiswa dari Univ. Andalas, dan 1 mahasiswa masing-masing dari Univ.Telkom Bandung, Unas, dan Univ. Islam As-Syafiiyah, serta 3 mahasiswa dari IPB yang magang di BBPSI SDLP. 
Kiki Zakiah memulai pembahasannya mengenai pengertian “Tanah”. Selanjutnya pada paparan lainnya Kiki menjelaskan mengenai sudut pandang tanah yang dibagi menjadi dua yaitu secara pedologi dimana tanah dilihat dari proses pembentukannya, dan edaphology yaitu tanah dilihat sebagai media pertumbuhan tanaman.
Pada kesempatan ini, Kiki juga menjelaskan sifat-sifat tanah terdiri dari sifat fisika, kimia dan biologi yang kesemuanya berpengaruh terhadap kesuburan tanah. Dalam menyampaikan kuliah umumnya, narasumber aktif berdiskusi dengan mahasiswa yang juga antusias mengikutinya. Setelah penyampaian materi oleh narasumber, mahasiswa diberi kesempatan untuk berdiskusi dan tanya jawab berkaitan dengan materi yang disampaikan. Diskusi dan tanya jawab ini berlangsung menarik.
Diharapkan melalui kegiatan kuliah umum ini, terjadi peningkatan pemahaman dan pengetahuan oleh para peserta, sehingga generasi ini mampu menjadi penerus yang dapat terus berinovasi mendukung dan memajukan sektor pertanian di Indonesia. Pertanian cemerlang, Indonesia gemilang. (M.Is, KZ, AFS, Mtm).
 
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Kampus Penelitian Pertanian Cimanggu Bogor, Jl. Tentara Pelajar No. 12, Ciwaringin, Bogor Tengah, RT.01/RW.07, Ciwaringin, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16114

Hubungi:

HP & WA: 085213557625 (Chat)
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset