PORTAL PPID

Balai Pengujian Standar Instrumen Tanah dan Pupuk

PPID Utama

BSIP BERKARYA: TERBITNYA SNI 2803:2024 PUPUK NPK PADAT, DUKUNG TERWUJUDNYA PUPUK TERSTANDAR DI INDONESIA




 BSIP BERKARYA: TERBITNYA SNI 2803:2024 PUPUK NPK PADAT, DUKUNG TERWUJUDNYA  PUPUK TERSTANDAR DI INDONESIA

 

SNI 2803:2024 Pupuk NPK Padat merupakan standar yang menetapkan persyaratan mutu dan metode uji pupuk NPK padat yang digunakan pada budidaya pertanian. Revisi standar ini diinisiasi oleh tim Konseptor BPSI Tanah dan Pupuk yang terdiri dari Dr. Ir. Ladiyani Retno Widowati, M.Sc, Dr. Adha Fatmah Siregar, M.Si., M.Sc,  Lenita Herawaty, M.Si, Ibrahim Adamy Sipahutar, M.Sc, dan Dr. Linca Anggria. Terbitnya standar ini telah melalui tahapan perumusan SNI berupa usulan PNPS, rapat teknis, rapat konsensus, jejak pendapat hingga penerbitan oleh BSN melalui komtek 65-06, Produk Agrokimia.
Pada tanggal 03 Juli 2024 BSN telah menetapkan SNI 2803:2024 Pupuk NPK Padat sebagai revisi terbaru. Perubahan pada standar ini meliputi: 1) Penambahan metode uji pada unsur N berdasarkan sumber nitrogennya; dan 2) Penambahan metode uji pada unsur P. Terbitnya SNI 2803:2024 Pupuk NPK Padat bertujuan untuk mendukung perkembangan teknologi produksi dan pengujian pupuk, melindungi konsumen pupuk NPK padat, sebagai acuan bagi produsen pupuk NPK padat dan laboratorium penguji, serta mengurangi dampak pencemaran bahan kimia terhadap lingkungan.
Pupuk NPK merupakan pupuk dasar yang mengandung unsur hara utama N, P, K yang sangat dibutuhkan dalam mendukung pertumbuhan tanaman. Terbitnya standar ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas pupuk yang beredar di masyarakat sehingga dapat menaikkan produktivitas pertanian mendukung Indonesia Emas 2045. (VA, AFS, Mtm, M.Is).
 
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Kampus Penelitian Pertanian Cimanggu Bogor, Jl. Tentara Pelajar No. 12, Ciwaringin, Bogor Tengah, RT.01/RW.07, Ciwaringin, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16114

Hubungi:

HP & WA: 085213557625 (Chat)
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset