PORTAL PPID

Balai Pengujian Standar Instrumen Tanah dan Pupuk

PPID Utama

BSIP BERKARYA: MAHASISWA MAGANG MENGIKUTI PROGRAM KULIAH UMUM “PERSIAPAN PENGUJIAN NUTRIENT MINING DI RUMAH KACA”




 BSIP BERKARYA: MAHASISWA MAGANG MENGIKUTI PROGRAM KULIAH UMUM “PERSIAPAN PENGUJIAN NUTRIENT MINING DI RUMAH KACA”

 
Bogor, 3 Juli 2024 BPSI Tanah dan Pupuk melaksanakan kuliah umum untuk mahasiswa PKL (Praktek Kerja Lapang) dengan pokok bahasan “Persiapan Pengujian Nutrient Mining di Rumah Kaca”. Materi kuliah umum pada kesempatan kali ini disampaikan oleh Kepala BPSI Tanah dan Pupuk Dr. Ir. Ladiyani Retno Widowati, M.Sc. yang menyampaikan bahwa setiap tanah memiliki kandungan unsur hara yang berbeda-beda. Ketersediaan unsur hara tersebut akan mempengaruhi laju pertumbuhan tanaman dan produktivitas. Unsur hara yang ideal akan mendapatkan produktivitas yang baik. Penanaman yang dilakukan secara terus menerus tanpa dilakukan pemupukan yang sesuai akan menyebabkan unsur hara yang ada pada tanah berkurang. Maka perlu adanya pemupukan sesuai dengan kondisi tanah yang ada. Dengan adanya pemupukan diharapkan unsur hara dalam tanah dapat terjaga sehingga produktivitas dari tanaman terjaga.
Pemberian pupuk dapat memperbaiki tingkat kesuburan tanah yang akan berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman dan produktivitas baik tanah maupun tanaman. Harapannya melalui aktivitas pemupukan unsur hara dalam tanah dapat terjaga sehingga produktivitasnya tetap terjaga.
Untuk mengetahui berapa besarnya penurunan unsur hara maka dilakukan Pengujian Nutrient Mining. Dengan adanya pengujian ini diharapkan akan mengetahui sejauh mana pengurangan unsur hara dalam satu kali siklus panen, dan mengetahui berapa lama unsur hara akan bertahan tanpa adanya penambahan unsur hara dari luar. Pada Pengujian Nutrient Mining ini diambil dari berbagai jenis tanah diantaranya tanah Ultisol Al-dd rendah, Entisol, Andisol, Ultisol Al-dd tinggi, Aluvial dan Vertisol. Proses Persiapan Pengujian ini terdiri dari proses perendaman, pelumpuran, dan pengujian unsur hara N, P, K dan pH pada tiap tanah menggunakan Perangkat Uji Tanah Sawah (PUTS).
Kegiatan kuliah umum diikuti oleh 14 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa Unversitas Brawijaya, Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Telkom Bandung, Universitas Nasional, dan Universitas Islam As-Syafiiyah Jakarta. Diharapkan seluruh mahasiswa dapat menambah pengetahuan mengenai Pengujian Nutrient Mining di rumah kaca BPSI Tanah dan Pupuk. (AR, M.Is, AFS, Mtm).
 
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Kampus Penelitian Pertanian Cimanggu Bogor, Jl. Tentara Pelajar No. 12, Ciwaringin, Bogor Tengah, RT.01/RW.07, Ciwaringin, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16114

Hubungi:

HP & WA: 085213557625 (Chat)
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset