PORTAL PPID

Balai Pengujian Standar Instrumen Tanah dan Pupuk

PPID Utama

BSIP BERKARYA: BAGAIMANA PERAN BAHAN ORGANIK UNTUK KONSERVASI TANAH?




BSIP BERKARYA: BAGAIMANA PERAN BAHAN ORGANIK UNTUK KONSERVASI TANAH?

Kamis (27 Juni 2024), BPSI Tanah dan Pupuk kembali menyelenggarakan Bimtek Online Seri#6 di penghujung bulan Juni yang bertemakan “Bagaimana Peran Bahan Organik Untuk Konservasi Tanah?”. Kegiatan Bimtek ini dibuka oleh Kepala BPSI Tanah dan Pupuk, Dr. Ladiyani Retno Widowati, M.Sc. yang diikuti oleh 180 peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen, penyuluh pertanian, ASN, serta stakeholder terkait lainnya. Narasumber kegiatan Bimtek Online Seri#6 kali ini disampaikan oleh Arif Budiyanto, S.Si dan moderator Jelly Amalia Santri, S.P., M.Sc. Mengawali kegiatan Bimtek, dalam sambutannya Ladiyani menjelaskan “Dengan memanfaatkan bahan organik, kita tidak hanya membantu konservasi tanah tetapi juga mendukung pertanian berkelanjutan dan melestarikan lingkungan bagi generasi mendatang”.
Pada pemaparan materi bimtek kali ini, Arif menyampaikan bahan organik tanah bertujuan untuk 1) memperbaiki struktur tanah dan mengurangi erosi, 2) meningkatkan kualitas tanah, 3) meningkatkan produktivitas tanaman, 4) meningkatkan kualitas air, 5) menunjang pertanian berkelanjutan. Berbagai Upaya mempertahankan produktivitas lahan terus diterapkan, salah satunya dengan konservasi tanah. Konservasi tanah adalah upaya mencegah kerusakan tanah dan memperbaiki tanah yang rusak akibat erosi. Peran dan kegunaan bahan organik yaitu 1) sebagai sumber energi, 2) penyedia nutrisi, 3) penyimpanan karbon, 4) memperbaiki kualitas tanah dan 5) menentukan kemampuan tanah untuk mendukung tanaman, diantaranya adalah sebagai bahan perekat antar partikel tanah, menstabilkan pH tanah dan mengikat unsur hara agar tidak mudah lepas atau terbawa oleh air. 
Bimtek online seri #6 BPSI Tanah dan Pupuk diikuti dengan sangat antusias oleh peserta, terlihat pada saat sesi tanya jawab. Diharapkan dengan adanya bimtek ini dapat meningkatkan pemahaman peserta mengenai peran bahan organik untuk konservasi tanah. Pertanian Cemerlang, Indonesia gemilang. (AR, RR, M.Is, AFS, Mtm).
 
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Kampus Penelitian Pertanian Cimanggu Bogor, Jl. Tentara Pelajar No. 12, Ciwaringin, Bogor Tengah, RT.01/RW.07, Ciwaringin, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16114

Hubungi:

HP & WA: 085213557625 (Chat)
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset