PORTAL PPID

Balai Pengujian Standar Instrumen Tanah dan Pupuk

PPID Utama

BSIP BERKARYA: MENGAKHIRI MASA MAGANG DI BPSI TANAH DAN PUPUK, MAHASISWA UNSOED MELAKSANAKAN SEMINAR AKHIR




BSIP BERKARYA: MENGAKHIRI MASA MAGANG DI BPSI TANAH DAN PUPUK, MAHASISWA UNSOED MELAKSANAKAN SEMINAR AKHIR

Kamis (30/05/2024), Mengakhiri masa magang program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) di BPSI Tanah dan Pupuk, sebanyak empat Mahasiswa Fakultas Biologi, Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) melaksanakan seminar akhir. Seminar Akhir ini dihadiri juga oleh mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, dan Universitas Nasional yang masih melaksanakan magang.

Kegiatan ini seminar akhir ini dihadiri oleh masing-masing pembimbing dari BPSI Tanah dan Pupuk, yaitu Elsanti, SP selaku pembimbing dari Lina Wardatun Nikhmah; Dinihari Indah Kusumawati, SP., M.Biotech selaku pembimbing dari Mustika Amalia; Ema Lindawati, S.Si., M.Biotech selaku pembimbing dari Ikrimah Fithriyandini; dan Sarmah, S.Si., M.Si selaku pembimbing dari Aldaka Galang Pinandita. Seminar ini dibuka oleh Moch. Iskandar selaku Staf Tim Kerja LPPK BPSI Tanah dan Pupuk serta Moderator dalam seminar akhir ini.

Sebelum memasuki tahap paparan seminar akhir, para mahasiswa MBKM ini telah mengikuti kegiatan selama 3 bulan (Maret-Mei 2024) berupa magang praktek di Laboratorium Biologi, pengujian di lapangan, praktek lapangan, dan kuliah umum. Seminar akhir ini merupakan tahapan akhir dari rangkaian kegiatan MBKM. Mengawali seminar akhir ini, perwakilan mahasiswa menyampaikan terima kasih kepada BPSI Tanah dan Pupuk atas kesempatan yang diberikan, sehingga dapat menambah wawasan dan pengalaman mahasiswa dalam kegiatan magang ini. Dalam kesempatan ini juga, Moch. Iskandar juga mengucapkan terima kasih atas dedikasi mahasiswa dalam kegiatan magang ini.

Empat mahasiswa UNSOED yang melaksanakan presentasi seminar akhir yaitu: (1) Lina Wardatun Nikhmah, dengan judul “Isolasi Bakteri dan Fungi dari Tanah, Bintil Akar, serta Kayu Lapuk yang berasal dari Jawa Barat dan Jawa Tengah”;  (2) Mustika Amalia, dengan judul: “Isolasi dan Seleksi Mikroba Selulolitik dari Batang Pisang dan Jerami Padi untuk Konsorsium Dekomposer”; (3) Ikrimah Fithriyandini, dengan judul “Uji Efektivitas Pupuk Makro Majemuk KS terhadap Pertumbuhan Jagung”; dan (4) Aldaka Galang Pinandita, dengan judul “Pembuatan Pupuk Hayati Padat”.

Seminar akhir ini diikuti dengan antusias oleh mahasiswa magang maupun pembimbing dan diakhiri dengan sesi tanya jawab serta masukan-masukan dari pembimbing. (M.Is, AFS, Mtm). 

Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Kampus Penelitian Pertanian Cimanggu Bogor, Jl. Tentara Pelajar No. 12, Ciwaringin, Bogor Tengah, RT.01/RW.07, Ciwaringin, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16114

Hubungi:

HP & WA: 085213557625 (Chat)
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset