PORTAL PPID

Balai Pengujian Standar Instrumen Tanah dan Pupuk

PPID Utama

BSIP BERKARYA: BPSI TANAH DAN PUPUK KAWAL MUTU PETROGANIK




BSIP BERKARYA: BPSI TANAH DAN PUPUK KAWAL MUTU PETROGANIK

Sebagai salah satu komponen produksi, pupuk memiliki peran penting dalam pertumbuhan tanaman. Pupuk sebagai sumber hara bagi tanaman harus diberikan secara berimbang sesuai status kesuburan tanah dan kebutuhan tanaman. Lebih lanjut, guna mendukung pertanian berkelanjutan maka perlu diterapkan pemupukan berimbang, yaitu pemberian pupuk anorganik dan pupuk organik.

Melihat pentingnya peran pupuk organik, maka pemerintah melaksanakan program subsidi pupuk organik Petroganik. Untuk itu mutu Petroganik yang akan diberikan ke petani harus terjamin. Seiring dengan hal tersebut maka PT Petrokimia Gresik bekerjasama dengan BPSI Tanah dan Pupuk melaksanakan kerjasama pengujian mutu Petroganik. Kerjasama pengujian ini sejalan dengan tugas fungsi BPSI Tanah dan Pupuk diantaranya terkait pengujian standar instrumen pupuk. Penandatangan kerjasama ini telah dilaksanakan di penghujung Mei, tepatnya 27 Mei 2024 di Gresik.

Acara penandatangan ini dihadiri oleh Direktur Keuangan dan Umum Petrokimia Robby Setiabudi Madjid, Pts SVP Mitra Bisnis Petrokimia Eko Suroso, SPV Strategi Penjualan dan Pelayanan Pelanggan PT Pupuk Indonesia Denny Dwiguna Sulaiman,  beserta 83 mitra produsen petroganik. Selanjutnya hadir juga  Kepala BPSI Tanah dan Pupuk Dr. Ladiyani Retno Widowati didampingi Ketua Tim Kerja PEPHS Dr. Adha Fatmah Siregar.

Pentingnya menjaga mutu Petroganik menjadi komitmen bersama guna mendukung program ketahanan pangan seperti yang disampaikan oleh Robby Setiabudi Madjid. Dalam sambutannya Ladiyani juga menyampaikan hal yang senada terkait mutu Petroganik serta kesesuaian kemasan produk. Diharapkan agar kemasan manampilkan informasi yang tepat terkait produk tersebut. Pada kesempatan ini Ladiyani juga menyampaikan terkait proses revisi SNI 7763:2018 tentang pupuk organik padat.

Diharapkan dengan adanya program subsidi pupuk organik ini tidak hanya mendukung peningkatan produksi tetapi juga meningkatkan dan menjaga kesuburan tanah untuk mendukung pertanian yang berkelanjutan. (AFS, M.Is, Mtm).

Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Kampus Penelitian Pertanian Cimanggu Bogor, Jl. Tentara Pelajar No. 12, Ciwaringin, Bogor Tengah, RT.01/RW.07, Ciwaringin, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16114

Hubungi:

HP & WA: 085213557625 (Chat)
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset