PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Tanah dan Pupuk

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Tanah dan Pupuk

BSIP BERKARYA: KUNJUNGAN KONTAK TANI NELAYAN ANDALAN (KTNA) KOTA BOGOR KE BPSI TANAH DAN PUPUK




BSIP BERKARYA: KUNJUNGAN KONTAK TANI NELAYAN ANDALAN (KTNA) KOTA BOGOR KE BPSI TANAH DAN PUPUK

 
Bogor 16 Mei 2024, BPSI Tanah dan Pupuk menerima kunjungan dari Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kota Bogor. Pada kesempatan ini diterima langsung oleh Dr. Ladiyani Retno Widowati, M.Sc selaku kepala BPSI Tanah dan Pupuk beserta jajaranya. Firdaus yang merupakan Ketua KTNA Bogor beserta pengurus KTNA lainnya berdiskusi tentang permasalahan lahan, pertanian, sistem pengairan/irigasi khususnya  di daerah Bogor. Tujuan dari kunjungan ini untuk menggali informasi khususnya tentang lahan, pupuk, dan budidaya tanaman pertanian serta kolaborasi kedepannya. KTNA beranggota para Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) yang berperan serta dengan melibatkan para petani secara langsung dalam meningkatkan dan mengembangkan potensi pertanian, perikanan dan perkebunan dimasing-masing daerahnya khususnya Kota Bogor.  
Dr Ladiyani menjelaskan tentang salah satu tugas dari BPSI Tanah dan Pupuk tentang uji efektivitas khususnya pupuk dan pembenah tanah oleh karena itu dengan adanya kunjungan ini dapat terjalin kerjasama kedua belah pihak untuk pengujian pembenah tanah dan pupuk. Selain itu BPSI Tanah dan Pupuk juga memfasilitasi adanya bimbingan teknis (bimtek) untuk kelompok tani. Adanya diskusi ini diharapkan terjadi sinergi dan kolaborasi KTNA dengan para stakeholder pertanian untuk membina dan membantu para petani dan juga nelayan di lapangan.   
Pada kesempatan ini juga diberikan buku sebagai media penyebarluasan dari BPSI Tanah dan Pupuk untuk menambah wawasan dan pengetahuan bagi anggota KTNA. (ELW, AFS, Mtm, M.Is).